Agenda
21 August 2019
M
S
S
R
K
J
S
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
Banner
Pemkot Bandar LampungKementrian Pendidikan
Jajak Pendapat
Bagaimana materi dari website ini ?
Sangat bermanfaat
Isinya bermanfaat
Biasa saja
Kurang bermanfaat
  Lihat
Statistik

Total Hits : 201460
Pengunjung : 56707
Hari ini : 27
Hits hari ini : 58
Member Online :

PENGURUS BKK SMKN 2 BANDAR LAMPUNG

NO NAMA JABATAN
1 Drs. Firdaus, MM. Penanggung Jawab
2 Edi Susanto, S.Pd., M.Pd. Ketua
3 Nur Afif Eddy Nugroho, S.Pd.T Sekretaris
  1. Pengertian BKK
    Bursa Kerja Khusus (BKK) adalah sebuah lembaga yang dibentuk di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
  2. Latar Belakang
    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja. BKK SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK. BKK SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan sistem ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada pasangan industri/usaha kerja, sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan profesional serta etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja.
  3. Tujuan
    a. Sebagai wadah dalam mempertemukan tamatan dengan pencari kerja.
    b. Memberikan layanan kepada tamatan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing seksi yang ada dalam BKK.
    c. Sebagai wadah dalam pelatihan tamatan yang sesuai dengan permintaan pencari kerja
    d. Sebagai wadah untuk menanamkan jiwa wirausaha bagi tamatan melalui pelatihan.
  4. Ruang Lingkup Kegiatan
    a. Penyusunan database siswa lulusan SMK pencari kerja dan perusahaan pencari tenaga kerja dan penelusuran tamatan siswa SMK.
    b. Menjaring informasi tentang pasar kerja melalui iklan di media massa, internet, kunjunagn ke dunia usaha (industri) maupun kerjasama dengan lembaga penyalur tenaga kerja dan Depnakertrans.
    c. Membuat leaflet (informasi) dan pemasaran lulusan SMK yang dikirim kedunia usaha/industri yang terkait (Depnakertrans).